Trump: Andai Bukan Karena Saya, Hong Kong Sudah Dihabisi Tiongkok

0
1

Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS mengklaim, jika bukan karena campur tangannya, niscaya Hong Kong sudah dihancurkan Tiongkok dalam tempo 14 menit.

Hal ini disampaikan Donald Trump saat diwawancarai stasiun televisi Fox News via telepon.

Trump mengaku dia mendukung para aktivis demokrasi di Hong Kong. Namun di saat yang sama, dia juga memberi dukungan kepada presiden Tiongkok.

Presiden AS menyebut kolega Tiongkoknya sebagai kawannya. Trump menyatakan, para pendemo di Hong Kong dan pemerintah Tiongkok harus berinteraksi guna menyelesaikan perselisihan antara mereka.

Baca: Kandidat Capres AS Joe Biden Nyatakan Saudi Harus Dihukum atas Perang Yaman

Beijing sendiri sudah berkali-kali memperingatkan Washington agar tidak campur tangan dalam masalah Hong Kong-Tiongkok. Beberapa hari lalu, para senator AS secara aklamasi mengesahkan draf “Demokrasi dan HAM Hong Kong.”

Dalam wawancara dengan Fox News, Trump juga menyinggung kesepakatan dagang AS dengan Tiongkok. Dia menyatakan, AS sudah sangat dekat dengan kesepakatan dagang potensial bersama Tiongkok.

Terkait kemungkinan partisipasi Mike Pompeo dalam pemilu Senat, Trump meyakini bahwa menlu AS itu akan memenangi pemilu di wilayah Kansas.

Dia juga menepis spekulasi bahwa Nikki Haley (mantan dubes AS di PBB) akan menjadi wakil presiden dalam pilpres 2020. Trump menegaskan, Mike Pence seratus persen akan tetap menjadi wakilnya di pemilu mendatang. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS: