Trump Ancam Bekukan Dana bagi WHO Secara Permanen

0
107

Washington, LiputanIslam.com—Presiden AS Donald Trump mengancam akan membekukan dana bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jika dalam 30 hari ke depan organisasi itu tidak memperbaiki penanganan atas Covid-19.

Lewat sebuah surat yang ditujukan kepada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom pada Senin (18/5) malam, Trump meminta lembaga itu memperbaiki pergerakan mereka yang terlalu lamban untuk menangani krisis. Ia juga menuding WHO bekerjasama dengan China selama ini.

“Selama krisis, WHO dengan anehnya bersikeras untuk memuji China atas dugaan ‘transparansi’ … terlepas dari kenyataan apakah China transparan,” tulisnya.

“Satu-satunya jalan ke depan untuk WHO adalah jika mereka benar-benar dapat menunjukkan kedaulatannya dari Cina … Kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu,” tambahnya.

Sang presiden juga menegaskan bahwa jika WHO tidak berkomitmen untuk memperbaiki diri secara substantif dalam 30 hari ke depan, “saya akan membuat pembekuan dana sementara AS… menjadi permanen dan mempertimbangkan kembali keanggotaan kami.”

Selama beberapa bulan terakhir, Trump terus meningkatkan serangan terhadap WHO dengan menuding organisasi itu terlalu dekat dengan Beijing. Ia pun membekukan dana bantuan pada bulan April lalu. Namun, WHO berulang kali membantah tudingan tersebut. (ra/rt)

DISKUSI: