Trudeau Minta AS Tidak Cegat Pasokan Medis ke Kanada

0
621

Presiden AS Donald Trump (kiri) berbicara dengan PM Kanada Justin Trudeau (kanan) di pertemuan NATO, London, 4 Desember 2019. (AFP photo)

Ottawa, LiputanIslam.com–Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan pada Selasa (7/4) bahwa negaranya akan terus berupaya membujuk Amerika Serikat agar tidak memblokir ekspor pasokan medis. Peringatan ini disampaikan ketika Provinsi Alberta, Kanada, sudah mengindikasikan krisis ekonomi akibat wabah Covid-19.

Dalam sebuah rapat, Trudeau mengatakan ada 500.000 masker N95 dari Saint Paul, Minnesota, seharusnya sampai ke Kanada pada hari Rabu (8/4) ini. Total empat juta masker ini dipesan oleh provinsi Ontario.

Namun, pemerintah Ontario mengeluhkan bahwa kiriman itu telah dicegat oleh AS. Pekan lalu, Presiden Donald Trump menandatangani perintah untuk menghentikan ekspor alat pelindung diri ke luar negeri.

“Kami telah melakukan pembicaraan yang konstruktif dan produktif yang telah memastikan bahwa pengiriman khusus ini sampai. Namun kami menyadari masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” keluh Trudeau.

Korban tewas Covid-19 Kanada naik menjadi 345 dari 293 pada hari Senin lalu. Total kasus infeksi mencapai 17.063, naik dari 15.822 sehari sebelumnya.

Wabah ini diperkirakan akan melumpuhkan perekonomian Kanada, terutama di provinsi barat Alberta yang sudah menderita kejatuhan harga minyak sebelum pemerintah memerintahkan penutupan. Tingkat pengangguran mencapai 7,2% dan akan terus naik.

Menurut pejabat setempat, ini akan menjadi periode yang paling menantang dalam perekonomian Kanada sejak Depresi Besar. (ra/presstv)

 

DISKUSI: