Viral, Terdakwa Pembantai Khashoggi Diketahui Berpose Di Luar Penjara

0
90

Riyadh, LiputanIslam.com – Satu foto mantan wakil kepala intelijen Arab Saudi, Mayjen Ahmad Asiri, tersebar dan viral di media sosial netizen Arab.

Foto itu menjadi viral karena Ahmad Asiri terlihat sedang berpose di rumahnya bersama kemenakannya, Omar Asiri, padahal dia adalah terdakwa utama kasus heboh pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di gedung konsulat negara ini di kota Istanbul, Turki.

Ahmad Asiri terlihat mengenakan pakaian tradisional Saudi di sisi Omar Asiri yang mengenakan seragam perwira angkatan udara pada momen kelulusan Omar dari akademi militer.

Disebutkan bahwa Omar lulus sebagai seorang letnan dari King Faisal Air Academy di mana acara kelulusannya dihadiri oleh Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman pada Rabu lalu (1/5/2019).

Penampakan Asiri di dalam rumahnya tak pelak mengundang kontroversi luas, terutama karena otoritas Saudi pernah mengklaim telah menangkap semua orang yang terlibat dalam kasus pembunuhan Khashoggi.

Banyak netizen menyatakan bahwa otoritas Saudi terbukti berdusta ketika mengaku mengadili orang-orang yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Kasus ini sendiri telah membangkitkan kemarahan internasional.

Pada November tahun lalu, jaksa penuntut umum Saudi tanpa menyebutkan nama telah mendakwa 11 orang terkait dengan kasus pembunuhan disertai mutilasi dan pelenyapan jenazah korban tersebut, dan menuntut hukuman mati terhadap lima orang di antara mereka dan pemenjaraan lainnya.

Namun, para pejabat Barat beberapa hari lalu mengungkap bahwa penasihat pengadilan kerajaan, Saud al-Qahtani, tidak diadili.

Orang-orang Saudi menyatakan al-Qahtani masih berpengaruh dan tidak menjadi pusat perhatian publik, sementara para terdakwa lain memilih menjauh dari sorotan publik sampai reaksi kemarahan khalayak dunia atas kasus pembunuhan itu reda. (mm/alalam)

DISKUSI: