[Video]: Tegang, Sebuah Mobil Dalam Konvoi Paus Fransiskus Mogok di Kota Mosul

0
55

Mosul, LiputanIslam.com –  Kunjungan Pemimpin Katolik Sedunia Paus Fransiskus sedikit terusik oleh insiden yang tak diinginkan. Sebuah mobil polisi yang berada di bagian depan iring-iringan mobil yang membawa dan mengawal Paus mengalami mogok di kota tua Mosul, Irak utara, Ahad (7/3).

Hasil rekaman sebuah kamera memperlihatkan mobil sedan berwarna putih dengan bagian atap berlampu rotator polisi mogok di jalan di tengah konvoi mobil pasukan keamanan yang mengawalnya.

Meski terlihat sepele, namun untuk insiden ini cukup menegangkan karena mobil itu membawa bukan sembarang orang, melainkan sosok pemimpin agama berlevel dunia, terlebih ketika Irak masih belum sepenuhnya aman dari aksi kekerasan dan serangan teror, terlebih dari sisa-sisa kelompok teroris intoleran ISIS yang pernah beberapa tahun menguasai banyak wilayah Irak, terutama bagian utara negara ini.

Akibatnya, dalam vidoe berdurasi sekitar 40 detik itu tampak beberapa personil keamanan berlarian untuk memblokir lokasi sekitar demi mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, sementara beberapa personil lain mendorong mobil sial itu ke bahu jalan agar konvoi dapat melanjutkan perjalanan.

Dilaporkan bahwa insiden itu terjadi ketika konvoi mobil yang membawa Paus Fransiskus sedang bergerak dari kota Mosul menuju Stadion Sepak Bola Franso Hariri di Arbil, tempat terakhir yang dia singgahi dalam kunjungan kepausannya ke Negeri 1001 Malam, dan di stadion itu dia memimpin upacara misa kudus.

Seperti pernah diberitakan, Paus Fransiskus tiba di Baghdad, ibu kota Irak, pada Jumat (5/3) sore waktu setempat, dan pada Sabtu lalu dia berkunjung ke kota Najaf serta menjumpai ulama besar Syiah Ayatullah Sayid Ali Al-Sistani. (mm/rt)

DISKUSI: