Video Penampakan Militan Suriah Kiriman Turki di Tripoli, Libya

0
271

Tripoli, LiputanIslam.com – Sebuah rekaman video beredar di tengah netizen Arab, yang disebut-sebut sebagai penampakan pertama kalinya “kawanan bersenjata Suriah” di jantung kota Tripoli, Libya.

Video beredar sejak Sabtu (28/12/2019), dan terdapat keterangan pula bahwa mereka mendatangi Tripoli melalui Turki untuk menyokong kubu bersenjata yang ada di ibu kota Libya tersebut dalam perang melawan pasukan Khalifa Haftar.

Menurut beberapa netizen, dalam penggalan video itu terlihat sejumlah militan mengenakan seragam doreng militer sembari membawa senapan otomatis dan berbicara satu sama lain dengan logat Suriah di salah satu lokasi yang mereka kuasai di Tripoli.

Dalam video yang diunggah di situs berbagi video Youtube, rekaman itu diberi judul “Video Pertama Yang Mendokumentasikan Anasir Bayaran Pasukan Nasional Suriah Bertempur di Libya”

Seperti diketahui, Libya belakangan terbelah dalam dua kubu kekuasan; satu adalah Pemerintahan Kesepakatan Nasional (Government of National Accord/GNA) yang dipimpin Perdana Menteri Fayez Mustafa al-Sarraj dan bermarkas di ibu kota, Tripoli; dan yang lain Tentara Nasional Libya (Libyan National Army/LNA) yang dipimpin Marsekal Lapangan Khalifa Belqasim Haftar.

Kubu pertama didukung oleh Turki, sedangkan kubu kedua didukung Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA).

Sejak 4 April lalu, Tripoli dan kawasan sekitarnya menjadi ajang pertempuran setelah pasukan Haftar melancarkan serangan untuk merebutnya. (mm/rt)

DISKUSI: