[Video]: Militer Rusia Tiba di Armenia untuk Misi Perdamaian di Karabakh

0
33

Yerevan, LiputanIslam.com –  Sebuah unit yang terdiri atas 400 polisi militer Rusia tiba di Armenia, Rabu (11/11/2020), untuk memulai misi perdamaian di kawasan Nagor-Karabakh.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa polisi militer ini akan dikerahkan ke zona demiliterisasi di Karabakh, yang akan mereka pantau untuk menjamin perdamaian antara Tentara Pertahanan Artsakh dan Angkatan Bersenjata Azerbaijan.

Rekaman video Angkatan Bersenjata Rusia yang tiba di Armenia memperlihatkan pasukan yang baru dikirim beserta peralatan militer mereka mendarat di Armenia.

Serupa dengan penempatan mereka di Suriah, polisi militer Rusia akan melakukan patroli di sepanjang jalur kontak, sembari bertemu dengan pasukan di kedua pihak yang bertikai.

Pengerahan pasukan penjaga perdamaian Rusia ke Karabakh dilakukan hanya beberapa hari setelah pertemuan tingkat tinggi segitiga Armenia, Azerbaijan, dan Rusia di Moskow.

Sesuai kesepakatan di Moskow, pasukan Armenia akan mundur dari sebagian besar wilayah Karabakh dan hanya menyisakan sebagian kecil di antaranya di bawah kendali Tentara Pertahanan Artsakh.

Presiden Rusia Vladimir Putin awal pekan ini mengumumkan bahwa pasukan Azerbaijan dan Armenia akan menerapkan gencatan senjata setelah meneken perjanjian untuk mengakhiri perang antara keduanya.

Menurut Putin, menyatakan perjanjian itu akan mencegah perang di wilayah Nagorno-Karabakh antara Armenia dan Azerbaijan, dan bahwa dia mengandalkan kesepakatan yang dicapai untuk mengkondisikan solusi jangka panjang bagi krisis di Karabakh dengan cara yang mengakomodasi kepentingan kedua pihak. (mm/amn/rta)

Baca juga:

Rusia Umumkan Perjanjian antara Azerbaijan dan Armenia untuk Hentikan Perang

 

DISKUSI: