[Video:] Jet Tempur Zionis Serang Gaza Israel ke Gaza, Peretas Iran Jatuhkan Balon Udara Israel

0
19

Gaza, LiputanIslam.com  Jet tempur Israel menyerang sebuah posisi para pejuang Palestina dan sebuah lokasi pasukan kontrol lapangan di Jalur Gaza tengah pada Sabtu pagi (18/6), sementara balon udara pengintai milik Israel dilaporkan telah dijatuhkan oleh peretas Iran.

Sumber-sumber Palestina melaporkan bahwa jet tempur Israel menembakkan sekira sembilan rudal ke posisi pasukan Salah al-Din di provinsi pusat, sementara artileri Israel menyerang sebuah lokasi milik pasukan kontrol lapangan di timur Juhr al-Dik di Jalur Gaza tengah. Tak ada laporan mengenai jatuhnya korban.

Media Israel melaporkan bahwa  serangan itu dilancarkan sebagai tanggapan atas penembakan rudal sebelumnya dari Gaza ke Ashkelon.

Juru bicara militer Israel  dalam sebuah pernyataan pers menyatakan bahwa sirine aktif di Ashkelon dan sekitar Gaza setelah diketahui terjadi penembakan satu roket dari Jalur Gaza, yang dapat dicegat oleh Kubah Besi.

Brigade Al-Quds mengaku bertanggung jawab atas penembakan roket itu dan menyebutnya sebagai pembalasan atas gugurnya tiga pemuda Palestina di Jenin.

Sementara itu, Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, menyita balon Israel yang jatuh  dari ketinggian 1500 meter di Beit Hanun, Jalur Gaza.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth menyebutkan harga peralatan fotografi canggih yang terpasang pada balon tersebut.

“Harga peralatan fotografi dan balon yang jatuh ke tangan Hamas pada hari Jumat adalah sekitar 2 juta shekel (satu shekel sama dengan 0,29 dolar AS),” ungkap Yedioth Ahronoth.

Surat kabar ini juga menyebutkan, “Balon udara Israel, yang digunakan untuk mengintai Jalur Gaza, jatuh setelah bertabrakan dengan tiang lampu di kota Beit Hanoun, di Jalur Gaza utara, dekat perbatasan dengan Israel, dan tentara Israel tak dapat merebut kembali balon itu dari tangan Hamas.”

Website Israel Mivzak Live  mengabarkan bahwa peretas Iran berada di balik jatuhnya balon tersebut.

Para peretas Iran di saluran mereka di Telegram mengaku bahwa sebelumnya mereka telah memberi peringatan mengenai  serangan yang akan mereka lakukan dan lanjutkan ke segala arah, dan bahwa “balon hanyalah permulaan”. (mm/alalam/rt)

Baca juga:

Serbuan Pasukan Israel di Jenin Gugurkan Tiga Orang Palestina

Israel Tempatkan Radarnya di UEA dan Bahrain untuk Hadapi Iran

DISKUSI: