Unjuk Rasa Di Deir Ezzor Direpresi Oleh SDF, 6 Orang Tewas

0
77

Deirezzor, LiputanIslam.com – Sedikitnya enam warga sipil tewas dalam peristiwa bentrokan massa demonstran dengan milisi Kurdi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) di distrik al-Shuhail di pinggiran timur laut provinsi Deir Ezzor, Suriah timur. Demikian dikatakan sumber-sumber lokal, seperti dikutip al-Alam, Kamis (9/5/2019).

Dilaporkan bahwa dalam peristiwa itu SDF yang didukung helikopter pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat telah merepresi ratusan massa yang berunjuk rasa memrotes kesewenang-wenangan SDF yang dibeking oleh pasukan koalisi.

Koresponden kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa dalam bentrokan antara kedua pihak itu milisi SDF tak segan-segan memuntahkan peluru tajam ke arah para pengunjuk rasa hingga jatuh enam korban tewas.

Di bagian lain, di tengah ramainya pemberitaan bahwa Pasukan Arab Suriah (SAA) memulai operasi militer di provinsi Idlib, pasukan pemerintah Suriah ini terus bergerak maju menuju pedesaan Hama utara, dan mengumumkan pembebasan dan pemulihan kendalinya atas sejumlah desa dan area pertanian.

Sebagai persiapan “operasi militer Idlib”, unit-unit tentara Suriah telah membersihkan kota Kfar Nabudah di barat laut Hama dari keberadaan kelompok teroris Jabhat al-Nusra dan sekutunya, beberapa jam setelah dimulainya serangan fajar pada hari Rabu lalu.

Kontrol atas Kfar Nabudah memungkinkan tentara Suriah membuat posisi-posisi baru guna menindaklanjuti operasi militer menuju al-Hubait di timur, dan Benteng al-Madiq di barat, serta memungkinkannya untuk menghubungkan dua sisi utara dan barat provinsi Hama, dan dengan demikian akan dapat merebut lagi kendali atas kawasan Hama yang masih dikuasai kawanan bersenjata. (mm/alalam/sana)

DISKUSI: