Ukraina Khawatir Rusia Gunakan Rudal Jarak Sedang Iran

0
178

Kyiv, LiputanIslam.com   Militer Ukraina khawatir Rusia saat ini membeli rudal jarak menengah dari Iran untuk digunakan terhadap Ukraina, selain drone buatan Iran.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yuri Ihnat di Kyiv, Selasa (1/11), menyebut hal itu berbahaya karena Ukraina tidak memiliki alutsista yang memadai.

“Kami memiliki pertahanan udara, bukan pertahanan anti-rudal,” lanjutnya.

Rudal yang dimaksud adalah rudal balistik buatan Iran dengan jarak jangkau 300-700 km, yang mirip dengan rudal permukaan-ke-permukaan Iskander-M Rusia.

Jaringan berita CNN AS, Selasa, melaporkan kesimpulan para ahli senjata Barat bahwa Iran akan memasok Rusia dengan rudal jarak menengah dan drone lain.

Menurut laporan itu, Rusia sejauh ini menggunakan sejumlah besar drone kamikaze tipe Shahed-136 buatan Iran, tapi Iran dan Rusia membantah adanya transaksi senjata antara keduanya.

Ukraina mengaku sejauh ini telah menembak jatuh sebanyak 300 unit drone tipe Shahed-136, dan mengklaim bahwa  tank Jerman anti-pesawat Gepard Cheetah telah membuktikan keampuhannya dalam hal ini. (mm/raialyoum)

DISKUSI: