Tentara Suriah Tumpas Sekawanan Teroris Penyerang Kendaraan Militer dan Sipil

0
123

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) berhasil menumpas sekawanan teroris yang dalam beberapa waktu lalu telah menyerang kendaraan-kendaraan militer maupun sipil di jalur Deir Ezzor – Tadmur (Palmyra).

Kantor berita resmi Suriah, SANA, dalam laporannya mengenai penumpasan itu, Selasa (26/1), menyebutkan bahwa beberapa anggota SAA terluka dalam operasi penumpasan.

Salah seorang komandan SAA di lapangan mengatakan kepada SANA, “Operasi itu dilakukan setelah penyisiran kawasan gurun Al-Badiah yang ada di jalur internasional Deir Ezzor-Tadmur, di mana pergerakan sel-sel teroris terlacak di antara kawasan al-Shula dan Kabajib. Pasukan penyerang menggempur mereka hingga lima orang teroris tewas, dan menghancurkan satu mobil bersenapan mesin berat milik mereka.”

Pada bulan ini sekelompok teroris yang dikerahkan di gurun Deir Ezzor telah beberapa kali menyerang bus dan mobil warga sipil dan militer. Dalam serangan terbaru yang terjadi pada beberapa hari lalu mereka menyerang sebuah bus yang membawa tentara di jalur Deir Ezzor-Tadmur, tepatnya di daerah Malihah – Al-Shula dengan tembakan dari selatan jalan. Serangan teroris yang diketahui datang dari daerah Al-Tanf yang diduduki oleh pasukan Amerika Serikat itu menewaskan tiga tentara dan melukai sepuluh lainnya.

Peristiwa-peristiwa serangan itu terjadi bersamaan dengan adanya laporan-laporan media bahwa pasukan AS memindahkan ratusan teroris ISIS dari Irak ke Al-Tanf yang berada di dekat segi tiga perbatasan Irak, Suriah, dan Yordania, untuk melakukan operasi serangan di Suriah.

Sementara itu, tentara Irak dan pasukan relawan Al-Hashd Al-Shaabi, memulai operasi gabungan di Provinsi Anbar di barat Irak yang berbatasan dengan Suriah.

Al-Hashd Al-Shaabi dalam sebuah statemennya menyatakan, “Pasukan gabungan Resimen Al-Ramadi ke-6  Al-Hashd Al-Shaabi dan tentara Irak melancarkan operasi keamanan di Buhairah Al-Tharthar dan kawasan sekitarnya di Provinsi Anbar.”

Statemen itu menjelaskan bahwa operasi tersebut mencakup penyisiran semua kawasan itu, dan pemeriksaan database orang-orang yang di sana. (mm/sana/alalam)

Baca juga:

Kataib Hizbullah Irak: AS, Israel, dan Saudi adalah Pelaku Teror di Irak

[Video] Patung Bunda Maria Menjulang di Irak Utara Pasca Pembebasan dari ISIS

DISKUSI: