Tentara Suriah Hancurkan Sarang-Sarang Teroris al-Nusra Di Provinsi Idlib

0
91

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) melancarkan serangan masif dan menghancurkan sarang-sarang kelompok teroris Jabhat al-Nusra di desa Badama di bagian barat daya provinsi Idlib, Suriah utara, Ahad (12/5/2019).

Sehari sebelumnya, sebagaimana dilaporkan kantor berita resmi Suriah, SANA, SAA memfokuskan serangannya pada markas –markas Jabhat al-Nusra yang menghimpun ratusan teroris asing distrik Has di pinggiran selatan provinsi Idlib hingga menewaskan sejumlah teroris dan melukai beberapa lainnya serta menghancurkan beberapa markas teroris yang semula digunakan untuk melancarkan serangan ke kawasan-kawasan yang sudah aman.

Di wilayah perbatasan antara provinsi Hama dan provinsi Idlib, SAA juga melancarkan operasi militer besar-besaran ke beberapa poros pergerakan kawanan teroris di kawasan antara desa Hish dan Kfar Sajneh hingga melukai beberapa teroris serta menghancurkan beberapa peralatan tempur teroris.

Dilaporkan pula bahwa SAA juga berhasil menimpakan kerugian besar pada kawanan teroris di daerah Kfar Nabal dan Maar Tamsrin di provinsi Idlib serta beberapa daerah lain di provinsi Hama.

PBB menyatakan bahwa beberapa organisasi penyalur bantuan, termasuk Program Pangan Dunia PBB (WFP), menangguhkan aktivitas mereka akibat eskalasi pertempuran di provinsi Idlib.

Disebutkan bahwa bagian selatan provinsi Idlib serta beberapa daerah-daerah di provinsi-provinsi lain yang berbatasan dengannya telah diwarnai serangan berat sejak akhir April lalu oleh tentara Suriah dan Rusia, meskipun kawasan itu tercakup dalam perjanjian de-eskalasi Rusia-Turki yang dicapai tahun lalu.

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan menyatakan, “Beberapa organisasi telah menangguhkan aktivitas mereka setelah markas mereka hancur, rusak atau dianggap tidak aman.” Ada pula organisasi-organisasi yang menghentikan kegiatannya demi menjaga keselamatan pekerja mereka atau bahkan sebagai akibat dari pengungsian semua penduduk di daerah-daerah tertentu. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI: