Tentara Suriah Buka Jalur Evakuasi Warga Sipil dari Idlib

0
160

Hama, LiputanIslam.com –  Tentara Arab Suriah (SAA) dan lembaga Bulan Sabit Merah Suriah bekerjasama dengan pemerintah provinsi Idlib telah menyelesaikan persiapan untuk membuka sebuah jalur evakuasi warga sipil yang ingin keluar dan pulang dari kawasan-kawasan yang dikuasai oleh kelompok-kelompok bersenjata menuju daerah-daerah asal mereka yang sudah dibebaskan oleh SAA. Jalur itu terletak di kawasan Saraqib di bagian timur provinsi Idlib.

Gubernur Idlib Mohammad Natuf, Ahad (21/2), mengatakan bahwa tim medis lengkap beserta klinik keliling dan ambulan berpelaratan lengkap sudah dipersiapkan untuk menerima warga yang ingin pulang ke kampung halaman.

Menurut Tanuf, layanan kesehatan yang diperlukan akan diberikan kepada mereka dalam perjalanan pulang, dan Bulan Sabit Merah Suriah telah menyiapkan tim yang ditugaskan untuk menyalurkan bantuan kepada mereka.

Dia menjelaskan bahwa Sekretariat Jenderal Provinsi Idlib telah menyiap sebuah markas di distrik al-Sabil di kota Hama untuk penempatan sementara keluarga-keluarga dan orang-orang yang berminat pulang, dan akan diberikan semua fasilitas yang diperlukan untuk menjamin kepulangan para pengungsi itu ke desa-desa mereka yang telah dibebaskan dari kawanan teroris.

Pada tahun lalu SAA juga telah bekerjasama dengan pemerintah provinsi Idlib membuka jalur serupa untuk para siswa yang hendak mengikuti ujian kelulusan sekolah dasar dan menengah, namun mereka tak diperbolehkan keluar oleh kelompok-kelompok bersenjata.

Idlib adalah satu-satunya provinsi di Suriah yang masih ditempati oleh kelompok-kelompok teroris dan pemberontak, serta tercakup dalam “zona de-eskalasi” yang diadakan oleh Rusia, Turki dan Iran berdasarkan Kesepakatan Astana. (mm/sana/rt)

Baca juga:

Teroris Rencanakan Serangan Bom Kimia di Suriah

[Video]: Pasukan Suriah Rontokkan Rudal Israel

DISKUSI: