Teheran Desak DK PBB Waspadai Ancaman Israel Terhadap Ekspor Minyak Iran

0
62

Teheran, LiputanIslam.com – Iran mendesak Dewan Keamanan PBB agar membahas tindakan “provokatif” Rezim Zionis Israel terhadap Iran, dan memperingatkan bahwa Iran tidak akan ragu menggunakan haknya untuk membela diri jika Israel melanjutkan dengan ancamannya untuk memblokir pengiriman minyak Iran.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada upacara kelulusan taruna angkatan laut di Haifa pada 6 Maret lalu mengatakan bahwa angkatan laut Israel perlu memblokir kargo minyak di mana Iran berusaha “secara diam-diam” mengirim kapal melalui rute laut untuk “menghindari” sanksi Amerika Serikat (AS) di sektor energi.

Perwakilan tetap Iran untuk PBB melalui suratnya kepada DK PBB, Selasa (19/3/2019), menegaskan bahwa pernyataan Netanyahu tersebut merupakan ancaman terbuka penggunaan kekuatan dalam pelanggaran yang jelas terhadap Piagam PBB.

Surat itu juga menegaskan bahwa Iran akan memberikan respon cepat untuk mempertahankan diri terhadap setiap aksi permusuhan, sesuai hak yang diabadikan dalam Pasal 51 Piagam PBB.

Menurut surat tersebut, Netanyahu berusaha mengesankan bahwa industri minyak Iran merupakan sasaran larangan “universal”, padahal tidak ada sanksi demikian terhadap Teheran, bahkan dalam resolusi Dewan Keamanan yang sudah dibatalkan.(mm/presstv)

DISKUSI: