Tanker Minyak Iran “Adrian Darya 1” Turunkan Muatannya di Pelabuhan Suriah

0
201

London, LiputanIslam.com –  Beberapa media Iran melaporkan bahwa kapal tanker minyak Iran “Adrian Darya 1” yang sudah dibebaskan setelah bulan lalu ditahan di Gibraltar telah menurunkan muatan minyak mentahnya di pelabuhan Suriah.

Website Middle East Eye yang didanai Qatar dan bermarkas di London, Inggris, Jumat (6/9/2019), mengutip keterangan sumber-sumber eksklusifnya bahwa 55% muatan kapal tanker yang diperkirakan membawa minyak sebanyak 2.1 juta barel minyak mentah itu telah dikosongkan pada Kamis malam (5/9/2019).  Beberapa media semi-resmi Iran, termasuk Fars dan Tasnim, telah merilis berita itu.

Kementerian Luar Negeri AS Kamis lalu mengkonfirmasi laporan bahwa pihaknya telah berusaha menyuap kapten kapal tanker minyak itu dengan uang jutaan Dolar agar dia bersedia membawa kapal itu ke negara lain yang akan menyitanya sesuai permintaan AS.

Baca: Tujuh Awak Tanker Inggris di Iran Akan Segera dibebaskan

Rabu lalu Financial Times melaporkan bahwa kapten kapal itu pada 26 Agustus telah menerima pesan email dari Brian Hook, utusan khusus AS untuk urusan Iran, berisi tawaran suap tersebut.

Baca: Enam Awak Stena Impero Resmi telah Tinggalkan Iran

Kepada kantor berita Jerman, DPA, Hook menjelaskan rincian kabar yang dilaporkan Financial Times tersebut sembari mengatakan bahwa AS bahkan mengajukan satu tawaran lain yang serupa. (mm/raialyoum)

DISKUSI: