Taliban Kuasai Bandara Kabul

0
251

Kabul, LiputanIslam.com –  Para petinggi Taliban menyatakan pihaknya telah mengambil posisi di bandara Kabul, dan siap menguasai sepenuhnya dalam waktu dekat begitu AS selesai menarik pasukannya dari sana.

Salah seorang petinggi Taliban, Jumat (27/8), mengatakan bahwa pasukan kelompok ini telah menguasai bandara Kabul “kecuali bagian kecil darinya di mana orang-orang AS masih ada di sana”.

Pejabat anonim Taliban lainnya menyebutkan pihaknya siap menguasai bandara itu sepenuhnya dan sejauh ini “perkaranya tak lebih dari masalah waktu”.

“Begitu orang-orang AS pergi, mereka tinggal memberi isyarat kepada kami dan kamipun akan segera memegang kendali semua urusan. Ini mungkin akan terjadi dalam waktu dekat, mungkin awal pekan (depan),” ujarnya.

Menyusul laporan mengenai dikuasainya bandara Kabul oleh Taliban, Kemhan AS Pentagon menyatakan bahwa Taliban belum menguasai bagian operasional di dalam bandara Kabul.

Jubir Pentagon John Kirby mengatakan, “Mereka tak bertanggungjawab di gerbang manapun, dan tidak pula di operasi jenis apapun dalam bandara. Semua urusan ini masih di bawah kekuasaan militer AS.”

Sementara itu, korban tewas akibat ledakan bom kembar di bandara tersebut pada Kamis lalu bertambah dari 60-an orang menjadi 110 orang, termasuk 13 tentara AS dan 28 anggota Taliban.

“Kami kehilangan orang lebih banyak dari AS,” ungkap salah seorang pejabat anonim Taliban ketika menyebutkan jumlah anggota Taliban yang tewas tersebut. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Sayid Nasrallah: AS Boyong ISIS dari Suriah ke Afghanistan

Ledakan di Kabul Tewaskan 60-an Orang, Termasuk Belasan Tentara AS, ISIS Bertanggungjawab

DISKUSI: