Serangan Drone Turki Tewaskan Komandan Pasukan Haftar di Libya

0
309

Tripoli, LiputanIslam.com –  Brigjen Abdul Wahhab al-Muqri, Komandan Brigade 9 Pasukan Nasional Libya pimpinan Marsekal Khalifa Haftar, tewas terkena serangan drone Turki, Jumat (13/9/2019), sebagaimana dikatakan sumber militer.

Kapten Mohammad Abu Khizam dari markas operasi pasukan Haftar kepada kantor berita Jerman, DPA, mengatakan bahwa drone itu telah membom mobil yang sedang dipakai oleh al-Muqri bersama salah seorang komandan lapangan Brigade 9, Letnan Mohsin al-Kani, dan satu tentara lagi.

Dilaporkan bahwa perang drone yang melibatkan Turki meningkat di Libya dalam beberapa pekan terakhir, ketika pasukan Haftar, yang didukung oleh Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA), terus menyerang kota Tripoli.

Keberadaan drone Turki itu dinilai sebagai bukti bahwa Ankara mendukung pasukan Tripoli dan Misrata sehingga terjadi perang drone antara Turki dan UEA.

Drone Bayraktar TB2 yang muncul di angkasa Libya diproduksi oleh perusahaan Baykar, sebuah bisnis milik menantu Erdogan, Selcuk Bayraktar.

Pasukan Haftar telah menembak jatuh beberapa drone yang dipasok Turki, sementara Pemerintah Kesepakatan Nasional yang berbasis di Tripoli dikabarkan telah memesan lebih banyak drone dari Baykar. (mm/raialyoum/almonitor)

DISKUSI: