SDF Menang Perang, AS Boyong Anggota ISIS Dari Baghouz ke Al-Tanaf

0
106

Baghouz, LiputanIslam.com – Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) mengumumkan kemenangan finalnya atas Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS/ISIL/DAESH) setelah jatuhnya benteng terakhir kelompok teroris beraliran Salafi/Wahhabi ini di distrik Al-Bagouz, Suriah timur, Minggu (24/3/2019).

Satuan-satuan milisi SDF merebut Baghouz yang didukung pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) berhasil menguasai penuh distrik itu setelah terlibat pertempuran sengit melawan sisa-sisa ISIS di Suriah yang berlangsung selama beberapa minggu dan menjatuhkan korban jiwa di kedua belah pihak. Ribuan teroris bersama keluarga mereka telah menyerah dan kemudian ditawan oleh SDF.

Namun, menurut sumber lokal, perwira militer AS yang hadir di kamp al-Houl di provinsi Hasakah sedang melakukan rekrutmen tawanan ISIS untuk dikirim ke Al-Tanaf yang terletak di kawasan gurun Suriah di provinsi Homs.

Sumber itu menjelaskan bahwa perwira AS menggunakan para teroris sebagai sandera untuk memaksa mereka berpartisipasi dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah Suriah, menguasai ladang-ladang minyak, termasuk al-Shair, al-Magharah, Twainan, dan Jazal di kawasan Badiah Suriah, damm menghancuran barikade-barikade jalan yang dibuat oleh pemerintah Suriah di jalur Deir al-Zour – Damaskus.

Kelompok teroris pertama  tiba di Al-Tanf dan ditempatkan di barak-barak militer yang ada di sana, dan sebagian di antaranya bahkan telah melancarkan aksi penyergapan dan serangan terhadap tentara Suriah hingga menewaskan sedikitnya 20 tentara di antaranya. (mm/raialyoum)

DISKUSI: