Saudi Umumkan Lima Tentaranya Tewas dalam Pertempuran di Jizan

0
119

Riyadh, LiputanIslam.com –  Arab Saudi dalam dua hari terakhir mengumumkan kematian lima tentaranya lima tentaranya dalam kontak senjata dengan para pejuang Ansarullah (Houthi) di wilayah perbatasan Saudi-Yaman.

Kantor berita Saudi, SPA, menyebutkan bahwa pada Ahad (3/11/2019), telah diberitakan kematian tentara Saudi bernama Mohammad Zayegh al-Naja’i, sedangkan pada sehari sebelumnya dikabarkan bahwa empat tentara Saudi lain juga tewas, yaitu Sultan al-Wad’ani dan Abdurrahman al-Khabrani dari pasukan penjaga perbatasan serta Jubran al-Maliki dan Hamud bin Shau’ei dari angkatan darat.

Disebutkan bahwa lima tentara itu tewas dalam pertempuran di perbatasan selatan Saudi di kawasan Jizan, dan hal itu diumumkan saat ada pemberintaan dari SPA mengenai keberkabungan para pejabat Saudi.

Baca: ScanEagle Tertembak Jatuh di Yaman, Drone Saudi dan Sekutunya Tak Bisa Sembarangan lagi

SPA tidak menyebutkan secara detail kapan dan bagaimana lima tentara Saudi itu tewas, sedangkan  kelompok pejuang Ansarullah sering menyatakan adanya tentara Saudi yang tewas dan atau luka dalam kontak senjata dengan mereka di wilayah perbatasan Saudi-Yaman.

Ansarullah menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, sejak September 2014 sebelum kemudian kekuasaannya merebak ke berbagai provinsi di negara ini.

Baca: Laporan: Korban Agresi Saudi ke Yaman Capai Angka 100.000

Sejak Maret 2015 pasukan koalisi Arab yang digalang dan dipimpin oleh Saudi melancarkan serangan ke Yaman dengan dalih memerangi Ansarullah dan membela pemerintahan presiden tersingkir Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi di depan Ansarullah.

Invasi militer Saudi dan sekutunya ke Yaman itu menimbulkan krisis kemanusiaan yang bahkan dinilai PBB sebagai yang terburuk di dunia.  (mm/raialyoum)

DISKUSI: