Rusia Tuding AS Penyebab Kendala Pemulihan Keanggotaan Suriah Di Liga Arab

0
94

Moskow, LiputanIslam.com – Utusan khusus Rusia untuk Suriah, Alexander Lavrentiev, menuduh Amerika Serikat (AS) mengganggu diskusi KTT Liga Arab baru-baru ini mengenai pemulihan keanggotaan Suriah di Liga Arab.

Lavrentiev dalam wawancara khusus dengan RT, Jumat (26/4/2019), menyatakan bahwa tanggungjawab hubungan antara Suriah dan negara-negara Arab sebagian besar ada di pundak negara-negara ini, karena Damaskus bukanlah pihak yang berinisiatif keluar dari Liga Arab.

“Tindakan beberapa negara Arab membuka kembali kedutaan besar masing-masing di Damaskus adalah langkah yang sangat penting, dan pemulihan hubungan diplomatik antara Suriah dan negara-negara Arab adalah prioritas,” ujarnya.

Mengenai Dataran Tinggi Golan milik Suriah yang diduduki Israel serta deklarasi kedaulatan Israel atas wilayah itu, Lavrentiev berharap Suriah tidak menjadi tumbal penyelesaian masalah yang membelit Israel.

“Apa yang dilakukan dan ditarget Israel melalui tindakan itu dapat dicapai dengan cara lain,” katanya.

Dia menepis rumor perselisihan antara Moskow dan Teheran di Suriah seperti yang ditebar oleh beberapa media belakangan ini.

“Para penyebarnya dan pihak yang ada di belakang mereka bertujuan bukan hanya mengusik melainkan bahkan merusak hubungan antara Moskow dan Teheran,” terangnya.

Dia menekankan kelanjutan dialog Moskow dengan Washington mengenai Suriah, namun juga menggaris bawahi bahwa “kehadiran ilegalnya di Suriah harus dihentikan, baik di timur Sungai Eufrat atau di wilayah kamp Rukban.” (mm/rt)

DISKUSI: