Rusia Nyatakan Situasi Teluk Persia akan Normal Jika Kapal Iran Tidak Diusik

0
134

Moskow, LiputanIslam.com –  Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu menilai situasi kawasan Teluk Persia akan normal apabila kapal tanker Iran di berbagai penjuru dunia tidak diganggu dan tidak terjadi pula pula aksi campur tangan asing terhadap urusan di kawasan yang kaya minyak ini.

“Situasi di Teluk bisa jadi akan normal jika kapal-kapal tanker Iran tidak dicegat, dan menteri pertahanan AS mengatakan ‘kami menginginkan solusi diplomatik bagi pertikaian dengan Iran dan berjalannya segala sesuatu secara normal’,” ujar Shoygu dalam jumpa pers, Senin (9/9/2019), usai pertemuan 2+2 yang dihadiri menteri pertahanan Rusia dan Perancis.

“Sudah dilakukan pertukaran pendapat mengenai isu Iran dan situasi kawasan Teluk, yang akan normal, menurut perkiraan kami,” lanjutnya.

Baca: Iran Resmi Umumkan Kapal Tanker Kontroversialnya Sudah Menjual Minyaknya

Dia mengingatkan, “Seandainya tidak ada campurtangan dan pencegatan tanker Iran berbagai penjuru dunia dalam bentuk yang melanggar undang-undang internasional maka tidak akan ada keperluan untuk melakukan tindakan tambahan apapun untuk memperkuat stabilitas di kawasan ini.”

Baca: Tanker Minyak Iran “Adrian Darya 1” Turunkan Muatannya di Pelabuhan Suriah

Seperti diketahui, kawasan Teluk Persia belakangan ini semakin tegang akibat eskalasi pertikaian antara AS dan Iran serta perkembangan situasi terkait dengan kapal tanker minyak. (mm/raialyoum)

DISKUSI: