Rusia Ajak Iran dan India Bergabung dengan Perundingan Damai Afghanistan

0
194

NewDelhi, LiputanIslam.com –  Juru bicara Kedutaaan Besar Rusia untuk India di New Delhi, Dmitry Solodov, menyampaikan ajakan pemerintah Rusia kepada Iran dan India untuk bergabung dengan perundingan damai Afghanistan.

Dia mengatakan bahwa Teheran dan New Delhi sebagai anggota kelompok multinasional “Troika” dapat meningkatkan potensi kelompok ini untuk memudahkan perundingan damai Afghanistan.

Dikutip Sputnik, Solodov menyebutkan bahwa Rusia “berkomitmen dan dapat dipercaya”dalam kerjasamanya dengan India untuk mengatur perundingan mengenai Afghanistan.

“Mengingat mengeruhnya situasi di Afghanistan, misi pembentukan sebuah pertemuan regional untuk menyokong perundingan internal Afghan terasa semakin vital,” katanya.

Jumlah anggota Troika belakangan semakin besar dan mencakup Pakistan, Rusia, China,dan AS. Iran dan India adalah anggota baru kelompok ini.

Usulan Moskow kepada Iran dan India tersebut dinyatakan beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dalam sidang komunikasi di Tashkent, ibu kota Uzbekistan, mengaku sedang melakukan diskusi untuk kemungkinan masuknya para pemain asing lain berpengaruh dalam Troika. (mm/fna)

Baca juga:

Rusia Sebut Misi AS di Afghanistan Gagal

 

DISKUSI: