Ribuan Orang Makamkan Belasan Korban Sipil Serangan Udara Pasukan Koalisi Pimpinan Saudi

0
56

Sanaa, LiputanIslam.com – Kelompok Ansarullah (Houthi) di Sanaa, ibu kota Yaman yang mereka kuasai, telah melakukan prosesi pemakaman belasan jenazah warga sipil yang terbunuh oleh serangan udara pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi.

Prosesi  yang dihadiri oleh ribuan orang itu diwarnai slogan-slogan kecaman terhadap pembantaian yang dilakukan oleh pasukan agresor (Saudi dan sekutunya).

Konflik di Yaman berlanjut antara Ansarullah yang didukung Iran secara politik di satu pihak dan pasukan loyalis presiden tersingkir Abd Rabbo Mansour Hadi yang didukung secara militer oleh Saudi dan sekutunya di pihak lain.

Kantor berita Saba menyebutkan bahwa sebanyak 17 warga sipil, termasuk wanita dan anak kecil, telah dimakamkan setelah dishalati di sebuah masjid di Sanaa, Kamis (14/3/2019)

PBB menyatakan 10 anak kecil dan 12 wanita tewas dalam serangan pada 9 dan 10 Maret lalu di daerah Kashr, provinsi Hajjah, di barat laut Sanaa. PBB tidak menyebutkan pelaku serangan itu, namun Ansarullah memastikannya sebagai serangan udara pasukan koalisi yang dipimpin Saudi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa konflik di Yaman telah menewaskan 10.000 orang yang sebagian besar adalah warga sipil sejak Saudi dan sekutunya memulai intervensi militer di Yaman pada Maret 2015 untuk mendukung Mansour Hadi.

Namun, menurut berbagai LSM, jumlah korban yang sebenarnya jauh lebih besar, dan bahkan mencapai lima kali lipat jumlah yang disebutkan oleh WHO. (mm/raialyoum)

DISKUSI: