Rabi Ekstremis Israel akan Buka Sekolah Yahudi di UEA

0
188

Rabbi Yitzhak Yosef (kiri) bersama Rabbi Levi Duchman di Dubai, UEA, Desember 2020

Quds, LiputanIslam.com –  Kepala Rabi Yahudi Sephardi di Israel, Yitzhak Yosef, bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (17/12), dalam kunjungan pertama kalinya seorang kepala rabi Israel ke sebuah negara Arab.

Pusat Komunitas Yahudi Dubai (JCC) dalam sebuah pernyataannya mengumumkan, “Dalam kunjungannya, dia akan bertemu dengan pejabat senior Emirat, meresmikan sekolah Yahudi yang baru disertifikasi, dan dalam upacara khusus mengangkat Rabbi Levi Duchman sebagai rabi komunitas Yahudi Emirat.”

Kunjungan Yosef ini dijadwalkan berlangsung hingga Ahad (20/12), dan selama berada di UEA dia akan dianggap sebagai tamu kehormatan JCC.

Dalam kunjungan ini, Yosef dijadwalkan mengunjungi Sinagoga Beit Tefillah di Dubai, meresmikan sinagoga lain, meresmikan taman kanak-kanak, membuka lahan di Mikveh, mengunjungi restoran halal yang baru dibuka di gedung Burj Khalifa, dan memeriksa rumah pemotongan unggas halal.

Yitzhak Yosef dikenal sebagai sosok rasis yang telah mengeluar keputusan-keputusan keagamaan yang kontroversial. Pada Maret 2016, dalam sebuah pidatonya dia menyatakan bahwa sesuai hukum Yahudi, para “gentile” (non-Yahudi) tidak boleh tinggal di Israel.

Dia mengatakan, “Seandainya kami memiliki kekuatan maka kami akan mengusir semua orang non-Yahudi dari tanah suci, dan satu-satunya alasan yang membolehkan para gentile tinggal di Israel ialah melayani orang-orang Yahudi.”

Ovadia Yosef adalah putra Ovadian Yosef, mantan kepala Rabi Sephardi yang meninggal tiga tahun lalu. Ovadian Yosef juga merupakan sosok rasis radikal yang bahkan menganggap orang-orang Arab sebagai kecoa yang harus dibasmi.

Ovadian pernah mengatakan bahwa ketika seorang membunuh seorang Muslim maka dia seolah membunuh seekor ular atau ulat. (mm/timesofisrael/fna)

DISKUSI: