Putin Nyatakan 90 Persen Wilayah Suriah Bebas dari Pendudukan Teroris

0
118

Brasilia, LiputanIslam.com –  Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa setelah Rusia mulai turut memerangi terorisme di Suriah, 90 persen wilayah negara ini berhasil dibebaskan dari pendudukan teroris, dan semua misinyapun sudah dilaksanakan.

“Wilayah ini kembali berada di bawah kendali pemerintah Suriah. Inilah tujuan kami, dan kami berhasil melakukannya,” kata Putin pada konferensi pers usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS di Brasilia, ibukota Brasil, Kamis (14/11/2019).

Presiden Rusia juga menyinggung kontribusi AS, terutama kontribusi Presiden AS Donald Trump, dalam perang melawan terorisme di Suriah.

Putin mengungkapkan harapannya bahwa Komite Konstitusi Suriah akan berhasil menenangkan situasi dan mengoptimalkan hubungan antara Damaskus dan pihak oposisi.

Baca: Bashar Assad Ungkap Mengapa AS Menghabisi Bin Laden dan Al-Baghdadi

Rusia mulai mengerahkan pasukan udaranya di pangkalan Hmeimim, Suriah, pada September 2015, untuk membantu tentara Suriah memerangi teroris.

Mengenai pasokan sistem S-400 Rusia ke India, Putin mengatakan bahwa proses pengadaan berlangsung sesuai rencana, sehingga menandakan bahwa Perdana Menteri India Narendra Modi tidak meminta percepatan proses ini.

Baca: Presiden Libanon: Blokade Terhadap Hizbullah adalah Blokade atas Seluruh Bangsa Libanon

Pada September lalu Wakil Perdana Menteri Rusia Yury Borisov mengumumkan bahwa India telah membayar penyedia kontrak pasokan S-400 dan bahwa pasokan akan dilakukan sesuai jadwal.

Ibu kota Brasil menjadi tuan rumah KTT BRICS, yang menghimpun Afrika Selatan, India, Rusia, Cina dan Brasil. (mm/raialyoum)

DISKUSI: