Puluhan Warga Palestina Terluka Diterjang Peluru Tentara Zionis Di Jalur Gaza

0
54

Gaza, LiputanIslam.com – Sumber-sumber Palestina menyatakan bahwa puluhan warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan tentara Israel di Jalur Gaza, Selasa (19/3/2019).

Sumber-sumber itu menyebutkan bahwa sedikitnya empat korban luka di antaranya ditembak dengan peluru tajam, sedangkan sisanya dengan peluru karet dan gas air mata. Bentrokan pecah di sisi utara dan tengah Jalur Gaza dalam kelanjutan aksi “al-Awdah” atau “Great March of Return” yang sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu.

Aksi ini digelar demi menegaskan hak para pengungsi untuk pulang ke kampung halaman mereka, termasuk di wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948) dan menuntut diakhirinya blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

Para Aktivis aksi tersebut mengumumkan dimulainya kembali demonstrasi malam hari di dekat pagar pemisah Israel-Jalur Gza sejak Senin malam di lima kamp al-Awdah.

Saat aksi itu berlangsung satu pesawat pengintai Israel menembakkan dua roket ke sebuah lokasi pelatihan di timur Kota Gaza hingga menyebabkan kerusakan material, namun tidak menimbulkan korban.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter militer Israel menyebutkan bahwa sebuah pesawat militer Israel telah menyerang “sel pengacau” yang melepaskan bom-bom balon dari Jalur Gaza ke Israel.

Mesir, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan Qatar sejak beberapa bulan lalu telah memediasi pembicaraan antara faksi-faksi pejuang Palestina di Gaza di satu pihak dan Rezim Zionis Israel di pihak lain untuk mendukung gencatan senjata, menyusul aksi al-Awdah yang telah menyebabkan sekira 260 warga Palestina gugur syahid. (mm/raialyoum)

DISKUSI: