Presiden Turki Umumkan Pengiriman Pasukan ke Libya

0
132

Ankara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa negaranya pasukan ke Libya untuk mendukung pasukan pemerintahan Perdana Menteri Fayez al-Sarraj dalam perang melawan kubu pasukan Khalifa Haftar.

Dua minggu lalu, Erdogan meminta parlemen memperkenankan pengerahan pasukan ke Libya.

Pengumuman pengiriman pasukan Turki itu dinyatakan beberapa hari menjelang pertemuan di Berlin, Jerman, yang akan membahas krisis Libya dan akan dihadiri oleh Erdogan.

Presiden Turki menegaskan negaranya akan terus menggunakan semua cara diplomatik dan militer untuk menjamin stabilitas di perbatasan selatan darat maupun laut.

Erdogan menyatakan Ankara tidak akan membiarkan kekacauan terjadi di jalanan, dan tidak tunduk  kepada organisasi “teroris”.

“Kami tidak membiarkan panggung jatuh ke tangan para penggalang kudeta, sebagaimana juga tidak menerima pengepungan atas negara kami di sepanjang perbatasan selatan dan ketundukan di depan serangan ekonomi… Kami telah menetralkan 1.250 teroris organisasi PKK selama 2019, dan kami menghalangi banyak kegiatan terorisnya” ungkapnya, Kamis (16/1/2020), seperti dikutip oleh kantor berita Anatolia.

Sehari sebelumnya dilaporkan bahwa beberapa sumber di Suriah menyebutkan sebanyak 2000 militan Suriah telah bertolak dari Turki dan akan segera tiba di Libya untuk berperang.  

Baca: Turki Kirim 2000 Militan Suriah untuk Berperang di Libya

(mm/raialyoum)

DISKUSI: