Presiden Libanon Sebut “Tak Mungkin” Senjata Hizbullah Penyebab Ledakan Pelabuhan Beirut

0
101

Potret Presiden Lebanon, Michel Aoun. Sumber: Presstv

Roma, LiputanIslam.com –  Presiden Lebanon, Michel Aoun, menilai tidak mungkin ledakan Pelabuhan Beirut disebabkan oleh gudang yang dipenuhi senjata Hizbullah.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Corriere della Sera yang diterbitkan pada hari Selasa (18/8/2020), Aoun memastikan penyelidikan akan menjangkau semua kemungkinan, meskipun dia menjamin ledakan itu tidak disebabkan oleh senjata Hizbullah.

Menurut Aoun, Hizbullah tidak menyimpan senjata di pelabuhan itu, sebagaimana juga telah dinyatakan oleh, Sekjen Hizbullah, Sayid Hassan Nasrallah, pada awal bulan ini.

“Itu tidak mungkin, tapi peristiwa serius seperti ini mempertajam semangat dan imajinasi,” ujarnya saat menjawab pertanyaan surat kabar Italia tersebut mengenai kemungkinan senjata Hizbullah menjadi penyebab terjadinya tragedi ledakan dahsyat yang menewaskan ratusan orang dan melukai ribuan lainnya di Beirut pada 4 Agustus 2020 tersebut.

Presiden Aoun memastikan penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui apakah ledakan itu disebabkan oleh kelalaian, kecelakaan, ataupun gangguan dari pihak asing.

“Meski terlihat seperti kecelakaan, saya ingin menghindari tuduhan tidak mendengar semua suara,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, “Banyak orang mengatakan bahwa mereka melihat pesawat di angkasa di atas pelabuhan tepat sebelum ledakan, dan meskipun pernyataan ini tidak terlalu dapat diandalkan, tapi harus didengar.”

Sejauh ini, pihak berwenang Lebanon belum memperoleh kesimpulan terkait sumber ledakan tersebut. (mm/reuters)

Nasrallah: Hizbullah Tak akan Diam Jika Israel Terbukti Ada di Balik Ledakan Beirut

Pengadilan Internasional Salahkan Seorang Anggota Hizbullah dalam Pembunuhan Rafik Hariri

 

DISKUSI: