Petinggi Parlemen Iran Nyatakan AS Tak Berniat Berkonfrontasi Dengan  Iran

0
65

Teheran, LiputanIslam.com –  Seorang petinggi parlemen Iran, Majelis Syura Islam, menilai Amerika Serikat (AS) tidak berniat menyulut konfrontasi militer dengan Iran, dan apa yang dilakukan AS sekarang hanyalah “perang psikologis” terhadap Iran.

Ketua Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Majelis Syura Islam, Heshmatollah Falahatpisheh,  menyatakan demikian usai pertemuan tertutup para anggota parlemen dengan komandan baru pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Mayjen Hossein Salami, Ahad (12/5/2019).

“Analisis perilaku orang Amerika menunjukkan bahwa mereka tidak mencari konfrontasi militer dengan Iran dan hanya mengobarkan perang psikologis terhadap Republik Islam,” ungkap Falahatpisheh.

Dia menambahkan bahwa pemerintah AS berusaha menggabungkan perang psikologisnya terhadap Iran dengan sanksi dan berbagai bentuk tekanan ekonomi.

Mengenai peningkatan kehadiran pasukan AS di Timur Tengah, khususnya di Teluk Persia, Falahatpisheh mencatat bahwa Iran mampu menggempur targetnya dari jarak 2.000 kilometer sesuai dengan kebijakan pertahanannya, sementara kapal perang AS berada pada jarak maksimal 500 kilometer dari Iran.

Amerika Serikat meningkatkan tekanan ekonomi dan ancaman militer terhadap Iran, tapi belakangan ini Presiden AS juga mendesak para petinggi Teheran agar bersedia menghubunginya guna mengadakan negosiasi baru antara Iran dan AS, namun Iran tidak menanggapi desakan ini. (mm/presstv)

DISKUSI: