Video: Pesawat Militer AS Jatuh di Afghanistan, Taliban Mengaku Menembaknya

0
205

Ghazni,LiputanIslam.com –  Pesawat militer AS terjatuh di Afghanistan timur hingga menyebabkan semua tentara AS yang ada di dalamnya, termasuk perwira tingggi, tewas, Senin (27/1/2020).

Juru bicara kelompok militan Taliban mengaku telah menembak pesawat itu di atas wilayah yang mereka kuasai di dekat kota Ghazni,  namun militer AS yang mengkonfirmasi jatuhnya pesawat itu mengklaim “tidak ada indikasi kecelakaan itu disebabkan oleh tembakan musuh”.

Pesawat pembom E-11A milik AS itu terjatuh pada Senin sore. Otoritas Afghanistan semula mengiranya pesawat penumpang, tapi sebuah penggalan video yang disebutkan sebagai rekaman bangkai dan serpihan pesawat itu segera beredar di media sosial dan terlihat dalam video itu simbol angkatan udara AS pada bangkai pesawat yang hangus.

“Sementara penyebab kecelakaan sedang diselidiki, tidak ada indikasi bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh tembakan musuh… Taliban mengklaim bahwa pesawat tambahan yang jatuh adalah palsu,” tulis juru bicara militer AS Kol. Sonny Leggett di Afghanistan di Twitter.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid,  dalam sebuah pernyataan yang diposting online menyatakan, “Sebuah pesawat penyerbu milik pasukan pendudukan (AS) telah ditembak jatuh. Banyak perwira yang terbunuh. ” Menurutnya, di dalam pesawat itu juga terdapat perwira tinggi CIA.

Dalam komentar terpisah, Mujahid mengatakan kepada Guardian bahwa penembakan yang diklaim terhadap pesawat itu “tidak berdampak” pada negosiasi atas penarikan AS dari Afghanistan.

“Belum ada kesepakatan yang tercapai, dan orang Amerika juga masih melanjutkan serangan mereka,” ujarnya.

Tariq Ghazniwal, seorang jurnalis lokal, mengaku melihat dua mayat dalam insiden tersebut, tetapi yang lain mencatat total lima mayat. (mm/guardian/time)

DISKUSI: