Pertemuan Erdogan dengan Al-Assad Diperkirakan Berlangsung Paling Lambat Bulan Mei

0
218

Ankara, LiputanIslam.com   Sumber-sumber informasi Turki mengungkapkan bahwa presiden negara ini, Recep Tayyip Erdogan, kemungkinan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad pada bulan Mei.

Mengutip sumber-sumber informasi, surat kabar Turki Aydinlik melaporkan bahwa Erdogan kemungkinan akan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Assad sebelum pemilihan presiden Turki yang dijadwalkan berlangsung pada Mei mendatang.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Kamis pekan lalu kembali mengaku bermungkinan mengadakan pertemuan sejawatnya dari Suriah Bashar al-Assad sebagai bagian dari proses normalisasi hubungan antara kedua negara yang bermusuhan sejak Suriah dilanda pemberontakan dan terorisme pada tahun 2011.

“Kami akan mempertemukan menteri luar negeri kami dan kemudian, tergantung perkembangan, kami akan bertemu sebagai pemimpin,” kata Erdogan dalam rapat Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa di Turki.

“Tujuan kami adalah untuk memastikan perdamaian dan ketenangan di kawasan, dan membiarkan perdamaian menang di kawasan ini,” sambung Erdogan.

Para pemimpin kedua negara belum pernah bertemu satu sama lain sejak Suriah dilanda krisis, di mana Turki telah mendukung kelompok teroris bersenjata oposisi Suriah baik secara politik maupun militer. (mm/mna)

DISKUSI: