Pertama Kali, Presiden Iran Jumpai Ulama Besar Irak Ayatullah Al-Sistani

0
298

Najaf, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani yang berkunjung ke Irak sejak Senin hingga Rabu (11-13/3/2019) telah menemui ulama besar Irak Grand Ayatullah Sayyid Ali al-Sistani di Najaf, Rabu.

Koresponden Al-Alam dari Najaf mengatakan bahwa Rouhani tiba pagi di kota suci Najaf untuk berziarah ke makam Imam Ali bin Abi Talib ra, kemudian menemui para ulama besar panutan (marja’) di kota ini, terutama Ayatullah al-Sistani. Dalam pertemuan ini Rouhani didampingi oleh Menlunya, Mohammad Javad Zarif, dan beberapa pejabat tinggi Iran lainnya.

Pertemuan antara Rouhani dan Ayatullah al-Sistani mengundang porsi perhatian publik karena Sang Ayatullah selama ini dikenal sebagai sosok yang paling sulit ditemui oleh pejabat. Karena itu, media Irak dan internasional memandangnya sebagai pertemuan monumental, apalagi tercatat sebagai pertemuan pertama kali antara Sang Ayatullah dengan presiden Iran.

Sebagian pengamat menilai kesediaan Ayatullah al-Sistani tersebut sebagai ekspresi solidaritasnya kepada Iran yang belakangan ini mendapat tekanan hebat dari Amerika Serikat dan sekutunya di Barat maupun di kawasan Timteng.

Menurut koresponden Al-Alam, dalam pertemuan ini Presiden Iran menyinggung beberapa persoalan, termasuk penghargaan atas peran fatwa jihad yang dirilis oleh Ayatullah al- Sistani, dan perannya dalam pembebasan Irak dari noda gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Selain itu, Rouhani juga membahas peran Poros Resistensi dalam upaya membendung agenda kotor kekuatan-kekuatan imperialis di kawasan Timteng. (mm/alalam)

DISKUSI: