Peledakan Bom di Sekolah Afghanistan Tewaskan Sedikitnya 16 Orang

0
108

Aybak, LiputanIslam.com   Sedikitnya 16 orang yang sebagian besar anak kecil tewas, dan puluhan lainnya terluka dalam ledakan dahsyat di sebuah madrasah atau sekolah agama di kota Aybak, ibu kota provinsi Samangan, Afghanistan utara.

Seorang dokter di kota itu, Rabu (30/11), mengatakan kepada AFP bahwa sebagian besar korban tewas dan terluka adalah anak-anak dan orang biasa.

Seorang pejabat provinsi Samangan mengkonfirmasi ledakan terjadi di sekolah al-Jahad, namun dia tidak memberikan data yang akurat mengenai jumlah korban.

“Sebuah ledakan terjadi sekitar pukul 12:45 di dalam Madrasah Jahad di pusat kota. Banyak anak laki-laki yang belajar di madrasah ini,” ungkap juru bicara pemerintah provinsi Samangan Emdadullah Muhajir.

Taliban mengatakan 10 siswa tewas dan “banyak lainnya” terluka. Pejabat setempat mengatakan ledakan itu dilakukan saat shalat Ashar.

Abdul Nafay Takor, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, di Twitter menyatakan bahwa otoritas keamanan sedang menyelidiki berbagai aspek insiden tersebut dan berusaha mengidentifikasi pelakunya.

“Pasukan detektif dan keamanan kami bekerja dengan cepat untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan yang tak termaafkan ini dan menghukum mereka atas tindakan mereka,” cuitnya.

Sejak Taliban kembali berkuasa pada Agustus 2021, ledakan mematikan terus berlanjut. Warga sipil menjadi sasaran. Kelompok teroris takfiri ISIS mengklaim bertanggung jawab atas sebagian besar aksi teror. (mm/presstv)

DISKUSI: