Pelapor Khusus PBB Minta Saudi Gelar Pengadilan Kasus Khashoggi Secara Terbuka

0
62

Jenewa, LiputanIslam.com – Pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Arab Saudi agar mengadili secara terbuka para tersangka kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi demi memberikan kredibilitas pada proses pengadilan tersebut.

“Tidak seperti apa yang dinyatakan Saudi, ini bukan urusan internal atau domestik,” kata Pelapor Khusus PBB untuk Eksekusi Sewenang-wenang atau Di luar Pengadilan, Agnes Callamard, Kamis (28/3/2019).

“Pemerintah Arab Saudi sangat keliru jika percaya bahwa proses ini, seperti yang saat ini dilembagakan, akan memuaskan masyarakat internasional, baik dalam hal keadilan prosedural berstandar internasional atau dalam hal validitas kesimpulan mereka,” lanjutnya.

Callamard sedang menjalankan misi yang disebutnya “penyelidikan independen HAM” terkait pembunuhan Khashoggi.

Khashoggi dibantai di dalam Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2019, oleh sekelompok orang Saudi sendiri yang oleh otoritas Saudi diklaim telah melakukan tindakan diluar kewenangan mereka. Hingga kini, yaitu empat bulan sejak Khashoggi menghilang, jenazah kontributor harian Washington Post ini masih belum juga ditemukan.

Pembantaian Khashoggi dengan cara yang sangat sadis dan mengerikan telah menjerumuskan Arab Saudi ke dalam krisis diplomatik serius, dan mencoreng reputasi Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang diduga banyak orang sebagai dalang kejahatan tersebut.

Callamard sebelumnya pernah mengatakan bahwa pembunuhan Khashoggi telah “direncanakan dan diatur sebelumnya” oleh para pejabat Saudi, namun penyelidikan Callamard tidak didasarkan pada resolusi PBB atau penyelidikan formal. (mm/raialyoum)

DISKUSI: