Pasukan Sanaa Ancam Gempur Fasilitas Minyak Saudi

0
192

Sanaa, LiputanIslam.com   Seorang pejabat senior Yaman menyatakan bahwa pasukan Yaman (kubu Sanaa/Ansarullah) akan melancarkan serangan balasan terhadap instalasi minyak di wilayah Arab Saudi jika koalisi yang dipimpin Riyadh terus menyelundupkan minyak mentah  dan gas alam Yaman ke luar negeri.

Mohammad Tahir Anam, seorang penasihat Dewan Politik Tertinggi Yaman, Selasa (14/6) memperingatkan bahwa otoritas Yaman tidak akan mengizinkan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) untuk lebih jauh melanggar perpanjangan gencatan senjata yang ditengahi PBB serta menjarah minyak dan gas Yaman.

Pejabat Yaman itu melaporkan terjadinya peningkatan tajam dalam pencurian minyak dan gas Yaman, selain penyitaan kapal Yaman di lepas pantai provinsi Shabwah.

“Kami akan menyerang perusahaan dan kapal Saudi, serta kilang minyak dan gas mereka,” kata Anam.

Secara terpisah, Mohammed Muftah, penasihat lain untuk Dewan Politik Tertinggi Yaman, menyatakan bahwa kapal tanker yang menjarah minyak mentah dan gas alam Yaman akan menjadi sasaran.

Ancaman itu mengemuka beberapa hari setelah kapal tanker Apolytares, yang membawa lebih dari dua juta barel minyak curian Yaman senilai lebih dari $270 juta, meninggalkan pelabuhan al-Shahar di provinsi Hadhramaut Yaman dalam perjalanan menuju Pelabuhan Sriracha di Thailand. (mm/presstv)

 

DISKUSI: