Pasukan Relawan Iran Gelar Latihan Maritim Besar-Besaran di Teluk Persia

0
105

Teheran, LiputanIslam.com –   Pasukan sukarelawan (Basjid) yang bernaung di bawah Angkatan Laut (AL) Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran menggelar latihan maritim besar-besaran di sepanjang garis pantai perairan strategis Teluk Persia dan Selat Hormuz, Kamis (26/11/2020).

Manuver itu dihadiri oleh Komandan AL IRGC Laksamana Muda Alireza Tangsiri, sementara para pelaut yang terdaftar sebagai pasukan sukarelawan Basij beraksi di perairan dengan menggerakkan lebih dari 1.000 unit kapal ringan dan semi-berat.

Latihan tersebut digelar untuk menandai hari terakhir Pekan Basij Nasional dan memperlihatkan kekuatan pasukan maritim yang dimiliki oleh pasukan rakyat Iran.

Pasukan Basij dibentuk setelah kemenangan Revolusi Islam Iran pada tahun 1979 atas perintah pendiri Republik Islam, Imam Khomeini.

Pasukan ini bertumpu pada integritas dan solidaritas akar rumput, dan telah berkiprah besar dalam mendukung otoritas yang bertanggung jawab mempertahankan cita-cita revolusi Islam Iran.

Laksamana Muda Alireza Tangsiri dalam kata sambutannya menyebut latihan ini sebagai “unjuk kekuatan” yang ada pada organisasi berbasis rakyat tersebut.

Dia menyebutkan bahwa sejak pasukan maritim dibentuk pada tahun 2018, sebanyak 530 kapal perang maritim telah diadakan di pesisir selatan dan utara negara ini.

Dia juga menyebutkan bahwa manuver itu sekaligus untuk mengirimkan pesan “perdamaian, persahabatan, persaudaraan, dan pembentukan keamanan berkelanjutan” di Teluk Persia dan wilayah pesisir Laut Oman.

Latihan tempur maritim Bajis secara besar-besaran yang melibatkan 1.000 perahu dari berbagai jenis itu tercatat sebagai yang pertama kalinya di perairan Teluk Arab dan Laut Oman. (mm/presstv/alalam)

DISKUSI: