Pasukan Kubu Sanaa di Yaman Hadang Gerak Maju ISIS dan Antek UEA

0
218

Sanaa, LiputanIslam.com –   Angkatan Bersenjata Yaman dan pasukan Ansarullah  yang tergabung dalam kubu Sanaa telah menghadang gerak maju masif kawanan bersenjata ISIS dan pasukan bayaran Uni Emirat Arab (UEA) menuju posisi-posisi pasukan kubu Sanaa di distrik Harib dan Ain, provinsi Shabwah.

Jubir militer kubu Sanaa, Brigjen Yahya Saree, dalam pernyataannya di Twitter mengenai peristiwa tersebut, Rabu (19/1), menyebutkan bahwa pihaknya berhasil melakukan penghadangan dan menggagalkan pergerakan maju tersebut meskipun pasukan lawan mendapat dukungan intensif dari pasukan udara koalisi yang dipimpin Arab Saudi.

Saree mencatat lebih dari 50 pasukan bayaran UEA tewas dan luka sementara beberapa kendaraan lapis baja mereka hancur dalam peristiwa tersebut.

Dia juga menyatakan bahwa pasukan rudal kubu Sanaa telah menggempur tempat-tempat konsentrasi pasukan bayaran UEA dengan dua rudal balistik  yang menerjang target masing-masing secara presisi hingga menewaskan dan melukai banyak orang.

Pada 14 Januari lalu pasukan kubu Sanaa juga telah menghadang upaya pasukan lawan mereka untuk bergerak maju secara besar-besaran ke distrik Harib dan Ain. Dalam peristiwa itu, selain gagal maju, kawanan ISIS dan pasukan bayaran UEA juga menderita kerugian jiwa dan materi dalam jumlah besar. (mm/alalam)

DISKUSI: