Otoritas Palestina akan Kembalikan Dubesnya ke UEA dan Bahrain

0
34

Ramallah, LiputanIslam.com –  Otoritas Nasional Palestina memutuskan untuk mengembalikan duta besarnya ke masing-masing negara Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain setelah mereka sebelumnya dipanggil pulang menyusul kesepakatan dua negara itu untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Reuters mengutip pernyataan seorang pejabat Palestina bahwa Palestina akan mengembalikan duta besarnya ke UEA dan Bahrain.

Pada tanggal 15 September, UEA dan Bahrain secara resmi menandatangani perjanjian damai dengan Israel, yang menetapkan penjalinan hubungan diplomatik formal dengannya.  Hal ini lantas membangkitkan kecaman keras dari semua elemen dan faksi Palestina.

Otoritas Nasional Palestina lantas memanggil duta besarnya dari UEA pada 13 Agustus, menyusul pengumuman UEA dan Israel-AS tentang pencapaian kesepakatan normalisasi hubungan, dan duta besar Palestina juga dipanggil dari Bahrain pada 11 September menyusul pengumuman serupa.

Pada hari Selasa lalu Otoritas Nasional Palestina mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan koordinasi dengan Israel yang ditangguhkan Mei lalu. Pelanjutan koordinasi itu mendapat kecaman dari berbagai faksi besar pejuang Palestina, namun pihak otoritas beralasan bahwa Israel menangguhkan rencana aneksasi tanah di wilayah pendudukan Tepi Barat. (mm/rta)

DISKUSI: