Ngeri, Gereja di Mesir Terbakar, 41 Orang Tewas, Banyak di Antaranya Anak Kecil

0
148

Kairo, LiputanIslam.com  Tak kurang dari 41 jemaat, termasuk setidaknya 10 anak kecil, meninggal dunia akibat kebakaran yang menghanguskan gereja Ortodoks Koptik di dekat Kairo, ibu kota Mesir, ketika jemaat sedang memadatinya pada ibadah kebaktian Minggu pagi (14/8).

45 orang terluka, termasuk empat polisi yang terlibat dalam upaya penyelamatan.

Saksi mata mengatakan bahwa beberapa orang yang terperangkap di dalam di tengah kepulan asap hitam terpaksa melompat dari lantai atas gereja Martir Abu Sefein demi meloloskan diri dari kobaran api.

“Ada anak-anak kecil, kami tidak tahu bagaimana cara mengambil mereka,” kata seorang saksi mata bernama Abu Bishoy.

Beberapa orang menangis menunggu kabar kerabat yang masih berada di dalam gereja dan di rumah sakit terdekat tempat para korban dilarikan.

Api berkobar di gereja di kota Giza di Greater Cairo di lingkungan kelas pekerja Imbaba, tempat sekitar 5.000 orang berkumpul di Giza, kota terbesar kedua di Mesir, yang terletak tepat di seberang Sungai Nil dari Kairo.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa pemeriksaan forensik menunjukkan api berasal dari AC lantai dua yang mengalami korsleting listrik, dan bahwa penyebab utama kematian adalah hirupan asap.

Keluarga korban yang meninggal akan menerima tunjangan sebesar 100.000 pound Mesir atau sekitar rp.76,560,000, menurut pernyataan kabinet. (mm/aljazeera)

 

DISKUSI: