Militer Israel Nyatakan Dua Rudal Dilesatkan Dari Gaza Ke Tel Aviv

0
87

AlQuds, LiputanIslam.com – Sayap militer Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) dan Jihad Islam menyatakan tak bertanggung jawab atas dua roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel.

Brigade Qassam dalam pernyataan yang dimuat di situsnya, Kamis malam waktu setempat (14/3/2019), menyatakan, “Kami menegaskan bahwa kami tidak bertanggungjawab atas rudal yang ditembakkan malam ini terhadap musuh, apalagi rudal itu diluncurkan pada saat pertemuan diadakan antara para pemimpin Hamas dan delegasi keamanan Mesir mengenai kesefahaman khusus di Jalur Gaza.”

Sore hari sebelumnya, sistem pertahanan udara Israel Kubah Besir (Iron Dome) membunyikan sirene di kota Tel Aviv dan sekitarnya karena ada penembakan rudal ke kota ini.

Militer Israel menyatakan bahwa dua roket itu telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Tel Aviv, namun tidak menimbulkan korban manusia maupun kerusakan.

Tepat sebelum militer Israel mengumumkan hal itu di Twitter, sirene berbunyi di Tel Aviv dan sekitarnya.

Kementerian Luar Negeri Israel memublikasi video yang disebutnya sebagai rekaman peristiwa di mana  Kubah Besi telah merontokkan salah satu rudal “di atas wilayah Tel Aviv.”

Rekaman itu juga menunjukkan adanya dua rudal yang melesat di angkasa dan di atas gedung-gedung tinggi sehingga sirene berbunyi.

Hamas dilaporkan telah mengosongkan pusat-pusat keamanan di Jalur Gaza menyusul peristiwa itu untuk mengantisipasi serangan Israel, sementara Israel juga membuka tempat-tempat penampungan pengungsi untuk mengantisipasi dampak serangan para pejuang Palestina.

Kantor berita Maan mengutip pernyataan sumber-sumber Israel bahwa pembunyian sirene di kawasan Tel Aviv merupakan pertama kalinya sejak Israel melancarkan perang di Jalur Gaza pada tahun 2014. (mm/raialyoum)

DISKUSI: