Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif

Teheran, LiputanIslam.com –   Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menjelaskan bahwa di tengah perkembangan situasi di mana Arab Saudi mengharapkan dialog dengan Iran, Teheran pasti akan mendukung dan berhasrat kepada dialog itu jika agendanya adalah mendiskusikan berbagai isu regional dengan tujuan menghentikan pertumpahan darah.

Menanggapi permintaan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman kepada Irak dan Pakistan agar menengahi antara Riyadh dan Teheran, Zarif mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Iran selalu siap bekerja sama dengan negara-negara jirannya dalam upaya menjamin keamanan, dan bahwa pendirian ini juga telah diumumkan Iran secara resmi.

Baca: Usai Insiden Aramco, Intensitas Serangan Agresor Saudi ke Yaman Mulai Berkurang

“Dalam rangka inilah Presiden Iran (Hassan Rouhani) mengumumkan inisiatif ‘Aliansi Harapan’ dan ‘Perdamaian di Hormuz’ di depan Majelis Umum PBB di New York,” ujar Zarif, seperti dikutip Al-Alam, Selasa (8/10/2019).

Baca: Usai Insiden Aramco, Intensitas Serangan Agresor Saudi ke Yaman Mulai Berkurang

Menteri Luar Negeri Iran menambahkan, “Di tengah situasi di mana Saudi telah mengumumkan hasratnya kepada dialog dengan Iran, jika isu-isu regional akan dibahas di meja perundingan, bukan penumpahan darah manusia, maka Saudi pasti akan melihat dukungan Republik Islam Iran kepadanya.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*