Memperolok Warga Muslim Syiah, Stasiun TV Al-Jadeed di Lebanon Dilempar Bom Molotov

0
307

Beirut, LiputanIslam.com  Orang tak dikenal dilaporkan telah melemparkan bom molotov ke gedung TV Lebanon Al-Jadeed, menyusul penayangan video satir oleh saluran itu yang memicu reaksi kemarahan beberapa hari lalu.

Direktur administrasi dan hubungan masyarakat Al-Jadeed TV, Ibrahim Al-Halabi, Selasa (27/12) mengatakan, “Kembang api dilemparkan ke gedung TV Al-Jadeed di Beirut kemarin malam, dan pada dini hari ini sebuah bom molotov dilemparkan ke gedung.”

Dia menambahkan, “Badan keamanan mengungkap peristiwa itu serta menindaklanjuti masalah ini  dan melakukan penyelidikan yang diperlukan. Peristiwa ini tidak menimbulkan kerusakan.”

Aktris Joanna Karaki memicu reaksi marah beberapa hari lalu ketika dia berbicara tentang Syiah di Lebanon selatan dalam program satir yang ditayangkan di saluran Al-Jadeed, dan saluran ini lantas menjadi sasaran kecaman.

Saat itu dia berbicara mengenai hubungan orang-orang di selatan yang mayoritas bermazhab Syiah dengan pasukan UNIFIL, sehubungan dengan keterbunuhan seorang tentara asal Irlandia.

Dengan nada bercanda dan logat lokal Arab Lebanon, kurang lebih dia mengatakan, “Datanglah ke selatan bersama kami. Kami menikahkan mereka dengan putri kami, dan kami mengambil mereka dari putri mereka. “

Dia juga menyebutkan, “Ada yang mengatakan bahwa tiga perempat orang di selatan memiliki mata hijau dan mata biru, dan rambut mereka pirang. Anda tahu bahwa orang Italia merindukan kami, dan orang Inggris merindukan kami.”

Para aktivis medsos, terutama di kalangan Syiah, lantas mengecam dan menganggapnya memperolok kaum wanita di Lebanon selatan. Mereka juga memberikan komentar  pedas terhadap saluran Al-Jadeed. (mm/raiayoum/alarab)

DISKUSI: