Media Israel Laporkan Hamas Kembang Nirawak Penyerang

0
115

TelAviv, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Hamas di Jalur Gaza, Palestina, dilaporkan telah mengembangkan pesawat nirawak penyerang yang membawa rudal berhulu ledak anti-tank.

Dalam perang dua hari yang terjadi pada 4-5 Mei lalu Hamas berusaha menghancurkan kendaraan militer Israel dengan menggunakan rudal  yang diharapkan dapat mengatasi kendaraan lapis baja Israel tersebut.

Hal tersebut dilaporkan oleh surat kabar Israel “Yedioth Ahronoth”, Jumat (17/5/2019), sembari menyebutkan bahwa pengoperasian nirawak Palestina yang dipersenjatai dengan rudal belum pernah diketahui sebelumnya.

Pengamat militer untuk surat kabar itu, Alex Fishman, menuliskan bahwa upaya menggempur kendaraan militer Israel telah gagal, tapi dapat diasumsikan bahwa Hamas akan mengambil pelajaran dan terus mengembangkan senjata.

Sebelumnya sudah  pernah dilaporkan adanya operasi pengembangan di Jalur Gaza, termasuk penjatuhan bom dari pesawat nirawak, tapi dalam perkembangan terbaru terlihat adanya kemajuan baru dalam pengembangan industri senjata Hamas.

Menurut Fishman, pesawat nirawak bersenjata itu merupakan versi nirawak serupa yang digunakan oleh kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon.

Laporan tersebut menambahkan bahwa nirawak itu digunakan antara lain untuk menghantam sistem pertahanan udara Israel “Iron Dome” dan menjebol kendaraan lapis baja dari bagian atas -yang tingkat perlindungannya lebih rendah-  dengan hulu ledak ganda, dan rudal itu dipasang pada peluncur rudal anti-tank RPG-29 yang diproduksi oleh eks-Uni Soviet.

Laporan itu menyatakan bahwa selama lebih dari empat tahun Hamas telah bekerja keras untuk pengembangan pesawat nirawak  serta memodifikasi nirawak sipil untuk keperluan militer. (mm/raialyoum)

DISKUSI: