Masjid Muslim Syiah di Peshawar Diserang ISIS, Sedikitnya 50-an Orang Terbunuh

0
232

Peshawar, LiputanIslam.com –  Sebuah bom kuat meledak di dalam sebuah masjid Muslim Syiah di kota Peshawar, Pakistan barat laut, menewaskan lebih dari 50 orang dan melukai puluhan lainnya dengan kondisi banyak di antaranya kritis.

Ledakan itu terjadi saat jemaah berkumpul untuk salat Jumat (4/3) di masjid Kucha Risaldar di kawasan kota tua Peshawar.

Pejabat rumah sakit mencatat sedikitnya 56 orang tewas, setelah sebelumnya dilaporkan 30 orang tewas, dan sedikitnya 194 orang terluka.

Kelompok teroris ISIS dalam sebuah pernyataan mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Kepala polisi Peshawar Muhammed Ejaz Khan mengatakan serangan itu bermula ketika dua penyerang bersenjata menembaki polisi di luar masjid.

Seorang penyerang dan seorang polisi tewas dalam baku tembak, dan seorang polisi lainnya terluka. Penyerang yang tersisa kemudian memasuki masjid dan meledakkan bom.

Unit penjinak bom menyatakan sekitar 5 kg bahan peledak telah digunakan dengan tambahan bantalan bola dalam serangan itu.

]Ambulans bergegas melalui jalan-jalan sempit yang padat dan membawa korban luka ke Rumah Sakit Lady Reading.

“Kami dalam keadaan darurat dan yang terluka sedang dipindahkan ke rumah sakit. Kami sedang menyelidiki sifat ledakan itu, tapi tampaknya itu adalah serangan bunuh diri,” kata petugas polisi Mohammad Sajjad Khan.

Perdana Menteri Imran Khan mengutuk pemboman itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, Pakistan mengalami peningkatan kekerasan. Puluhan personel militer tewas dalam sejumlah serangan terhadap pos-pos militer di sepanjang perbatasan dengan Afghanistan. (mm/aljazeera)

DISKUSI: