Lima Roket Jatuh di Zona Hijau Dekat Kedubes AS di Baghdad

0
128

Baghdad, LiputanIslam.com –  Lima roket mendarat di Zona Hijau dekat Kedubes AS di Baghdad, ibu kota Irak, dini hari Senin (6/1/2020).

Seorang kapten polisi Baghdad mengatakan kepada Anatolia bahwa orang tak dikenal telah menembakkan lima roket Katyusha ke kawasan yang dijaga ekstra ketat tersebut.

Sumber yang meminta namanya tidak disebutkan itu menjelaskan bahwa salah satu roket mendarat di sebuah rumah di arah yang berlawanan dengan Kedubes AS dan melukai tiga anggota keluarga, dan  menyebabkan kedutaan itu membunyikan sirenenya.

Serangan ini terjadi setelah terbunuhnya komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Jenderal Qassem Soleimani dan pemimpin relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Abu Mahdi Al-Muhandis dalam serangan udara AS di dekat bandara Baghdad pada Jumat lalu (3/1/2020).

Baca: 170 Anggota Parlemen Irak Sepakat Usir Tentara AS

Iran dan faksi-faksi bersenjata yang mendukungnya di Irak dan negara-negara lain telah bersumpah akan membalas dan menarget sasaran-sasaran AS di kawasan Timur Tengah.

Brigade Hizbullah Irak Sabtu lalu menyerukan kepada pasukan keamanan negara ini untuk menjauh sejarak minimal seribu meter dari keberadaan pasukan AS mulai  Minggu malam.

Baca: Hizbullah Irak: Jauhi Pangkalan AS Sejarak Seribu Meter

(mm/raialyoum)

DISKUSI: