Lembaga HAM Kecam Penangkapan Da’i Pengkritik Otoritas Hiburan Umum Saudi

0
85

Syeikh Umar al-Muqbil

Madrid, LiputanIslam.com –  Organisasi peduli HAM internasional Skyline menyatakan bahwa pemerintah Saudi telah menangkap dosen fakultas syariah Universitas Qasim, Syeikh Umar al-Muqbil, menyusul tersebarnya rekaman video kritikan al-Muqbil terhadap aktivitas Otoritas Hiburan Umum Saudi (GEA).

Skyline mengecam penangkapan itu dan menyebutnya sebagai kelanjutan dari gelombang aksi penangkapan secara membabi buta oleh pemerintah Saudi terhadap lawan pendapat dan politiknya sehingga melanggar konvensi dan ketentuan internasional yang menegaskan bahwa setiap orang berhak memiliki pendapat dan mengungkapkannya dengan berbagai cara.

Baca: Da’i Kondang Saudi Sebut  Dinas Hiburan Umum Negara ini “Datangkan Kemurkaan Allah”

Skyline menyatakan bahwa Kerajaan Saudi belakangan ini berusaha mengesan dirinya sebagai negara demokratis dan terbuka di depan perkembangan serta kerjasama internasional, tapi upaya itu runtuh ketika Saudi justru membasmi kebebasan dan menangkapi pihak oposisi.

Baca: Arab Saudi Ingin Perkaya Uranium untuk Tenaga Nuklir

Karena itu, Skyline mendesak badan-badan internasional dan negara-negara pendukung Saudi agar peduli terhadap penindasan yang terjadi di Saudi. (mm/raialyoum)

DISKUSI: