Ledakan Kapal Israel Helios Ray di Laut Oman, Terkena Rudal atau Ranjau?

0
101

Paris, LiputanIslam.com – Kapal dagang Helios Ray milik Israel terkena beberapa ledakan yang belum jelas sumbernya ketika sedang berlayar di Laut Oman, namun otoritas Israel menuduh Iran bertanggungjawab atas insiden tersebut.

Surat kabar Prancis Liberation, seperti dilaporkan Rai Al-Youm, Senin (1/3), memuat beberapa foto lobang bekas ledakan pada tubuh kapal yang ada jalur perairan itu. Pemilik kapal itu, pengusaha Israel Rami Ongar, mengatakan bahwa ledakan itu meninggalkan lobang berdiameter sekira 1.5 meter.

“Belum jelas apakah ini disebabkan oleh tembakan rudal ataupun ranjau yang menempel di kapal,” katanya, seakan menepis kemungkinan ledakan itu terjadi karena faktor kecelakaan di luar kesengajaan.

Iran secara resmi menepis dugaan terlibat di balik insiden ini, namun Liberation menyebutkan bahwa dugaan itu justru membangkitkan militansi pihak-pihak yang lebih konservatif di kancah politik Iran sehingga surat kabar konservatif Iran Keyhan berkomentar bahwa Helios Ray “kemungkinan besar telah jatuh ke perangkap salah satu cabang Poros Resistensi”.

Menurut Liberation, Keyhan bahkan menekankan bahwa kapal itu merupakan kapal mata-mata yang diserang ketika sedang mengumpulkan informasi intelijen mengenai Teluk Persia.

Liberation juga menyebutkan bahwa peristiwa demikian tak pernah terjadi kawasan Teluk Persia dalam sekira 18 bulan terakhir, sementara Helios Ray diserang pada Jumat lalu ketika mengibarkan bendera Kepulauan Bahama, meskipun milik perusahaan Israel Helios.

Semua awak kapal itu dilaporkan berada dalam kondisi baik, namun kapal dagang yang baru meninggalkan Pelabuhan Damam, Arab Saudi, menuju Singapura pada Rabu lalu terpaksa kembali berlabuh di Dubai, Uni Emirat Arab. (mm/raialyoum)

Baca juga:

 

DISKUSI: