Aden, LiputanIslam.com –  Dua kubu pasukan yang bersaing di Yaman selatan, yaitu kelompok bersenjata yang didukung Arab Saudi dan kelompok bersenjata lain yang didukung Uni Emirat Arab (UEA), mengerahkan pasukan dan perlengkapan militer masing-masing di kota Aden.

Kantor berita Sputnik milik Rusia, mengutip pernyataan sumber lokal di provinsi  Aden, Yaman selatan, bahwa bala bantuan militer UEA telah tiba di kota Aden, Rabu (4/9/2019).

Sumber itu menambahkan bahwa pasukan loyalis presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi dan pasukan al-Hizam al-Amni (Sabuk Pengaman) yang didukung UEA telah mengerahkan kekuatan militer masing-masing di kota yang disebut-sebut sebagai ibu kota sementara pemerintahan Mansour Hadi itu.

Menurut sumber anonim itu, sekira 70 unit kendaraan militer yang dikapalkan oleh UEA telah tiba di Aden dan segera dipindah ke sebuah kamp militer pasukan al-Hizam al-Amni. Bantuan peralatan tempur itu datang beberapa jam setelah tibanya bantuan serupa yang terdiri atas 30 kendaraan militer beberapa jam sebelumnya.

Baca: Pemimpin Ansarallah Yaman Kembali Nasihati Uni Emirat Arab

Sementara itu, sumber militer Yaman mengatakan kepada Sputnik bahwa pasukan loyalis Mansour Hadi yang didukung Arab Saudi telah memindahkan peralatan tempur beratnya, termasuk tank, pelontar roket Katyusha, dan artileri dari provinsi Marib di bagian timur laut Yaman ke  Ataq, ibu kota provinsi Shabwah di bagian tenggara negara ini.

Sumber itu menambahkan bahwa sebelumnya, sebuah brigade pasukan telah dikerahkan dari kawasan Shaqrah di bagian timur provinsi Abyan.

Baca: Pasukan Yaman Gempur Lanud King Khalid, Saudi, dengan Drone Qasef K2

Bersamaan dengan ini, pasukan al-Hizam al-Amni yang berafiliasi dengan Dewan Transisi Yaman dan didukung UEA memblokir jalan yang mengarah ke Zanjibar, ibu kota Abyan, dengan memasang beton-beton besardi dekat kawasan Dofas serta menyebar pasukannya di kedua sisi jalan.  (mm/rtarabic)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*