Komandan Pasukan Quds IRGC Temui Mufti Agung Irak di Baghdad

0
114

Teheran, LiputanIslam.com Mufti Agung Republik Irak Syeikh Mahdi bin Ahmed Al-Sumaidaie menerima kunjungan Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Brigjen Esmail Qaani, Jumat (18/11).

Dalam sebuah foto yang dimuat oleh sejumlah situs berita Iran dan Irak terlihat Qaani mengenakan jas duduk di kursi dan beramah tamah dengan Syeikh Al-Sumaidaie dalam sebuah pertemuan yang juga dihadiri oleh Dubes Iran untuk Irak Kazem Al-Sadegh.

Dilaporkan bahwa pertemuan itu berlangsung di kantor Lembaga Fatwa (Darul Ifta’) di pusat Baghdad, ibu kota Irak, namun tidak disebutkan pertemuan itu maupun kunjungan Qaani ke Irak dalam rangka apa.

Brigjen Esmail Qaani adalah penerus jenderal legendaris Iran Qasem Soleimani yang gugur akibat serangan drone pasukan Amerika Serikat di dekat Bandara Internasional Baghdad pada 3 Januari 2020.

Pasukan Quds (Quds Force) adalah salah satu dari lima cabang IRGC yang berspesialisasi dalam perang inkonvensional dan operasi intelijen militer. Pasukan ini, di bawah komando Jenderal Soleimani, andil besar dalam penumpasan kelompok-kelompok teroris takfiri, termasuk ISIS, yang sejatinya dibuat dan dipelihara oleh AS dan sekutunya untuk membuat kekacauan dan menebar tragedi mengerikan di Timteng.

Pasukan Quds ditakuti oleh AS dan Israel karena mendukung kelompok-kelompok pejuang resistensi di banyak negara, termasuk Hizbullah di Lebanon, Hamas dan  Jihad Islam di Palestina, Ansarullah di Yaman, Al-Hashd Al-Shaabi  di Irak, serta kelompok-kelompok pejuang di Suriah dan Afghanistan.  (mm/alalam)

DISKUSI: