Komandan AL Iran: Tak Ada yang Berani Dekati Perairan Teritorial Iran

0
200

Teheran, LiputanIslam.com  Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Shahram Irani mengatakan armada angkatan laut negara republik Islam ini sudah malang melintang di perairan bebas dunia tanpa masalah, dan tidak ada negara asing yang berani mendekati perairan teritorial Iran.

Dalam wawancara dengan saluran berbahasa Arab al-Alam milik Iran, Kamis (21/4), dia menjelaskan perkembangan terbaru dan pencapaian pertahanan negara ini serta kemampuan maritimnya.

“Saat ini, Samudra Hindia bagian utara adalah jalur air utama untuk menghubungkan benua. Jika kita tidak memiliki kehadiran yang efektif, negara-negara (lain) secara tanpa hak akan datang dan mendekati perairan teritorial kita. Namun, berkat otoritas dan kehadiran armada kita di laut lepas dan pemantauan terus-menerus, kita tidak memiliki masalah dan tidak ada negara yang berani mendekati perairan negara kita,” kata Irani.

“Geometri kekuatan di dunia sedang berubah … dan berbagai pemain sedang bekerja,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan, “Mengingat kemampuan kami, kami dapat memiliki kehadiran yang efektif di semua lingkungan maritim dunia kapan pun Panglima Tertinggi (Angkatan Bersenjata Iran, Ayatullah Sayid Ali Khamenei) memerintahkan kami untuk melakukannya.”

Sembari memastikan bahwa kehadiran armada angkatan laut negara lain di kawasan Teluk tak dapat dibenarkan, Irani menegaskan, “Kami memiliki kepentingan dan sumber daya yang luas di laut, di mana pun kami merasa terancam, armada kami akan ada di sana.”

Dia menambahkan, “Hari ini, kami mengawal kapal kami di mana saja melintasi lokasi maritim untuk memastikan (mereka) dan kami tidak mendapat pembatasan. Kehadiran kami menawarkan keamanan ke kawasan dan seluruh dunia.”

Iran mengecam beberapa negara regional yang termakan oleh propaganda Barat anti-Iran, dan memastikan Iran bertujuan meningkatkan kemampuan pertahanannya sendiri dan bukan merupakan ancaman bagi negara mana pun.

“Sayangnya, beberapa negara yang tertipu oleh propaganda media AS, memperkenalkan istilah Iranophobia ke kawasan”, sesalnya. (mm/alalam)

Baca juga:

Jenderal Iran: Tanda Kehancuran Zionis Sudah Terlihat

Drone Iran “Kaman 22” Bikin Israel Ketar-Ketir

DISKUSI: